• Senin, 5 Desember 2022

Sempat Datangi Rumah Wartawan, Konflik Pemberitaan yang libatkan Yayasan Ponpes Nurul Chotib berakhir damai

- Kamis, 24 November 2022 | 19:59 WIB
Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo SIK. SH.saat memediasi antara wartawan dan wakil Ponpes di Jember (foto/Dok Pokja)
Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo SIK. SH.saat memediasi antara wartawan dan wakil Ponpes di Jember (foto/Dok Pokja)

JEMBER - Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo SIK. SH., Rabu (23/11/2022) melakukan mediasi perselisihan antara 4 wartawan dengan Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Nurul Chotib Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Jember.

Persoalan ini bermula adanya pemberitaan dana PIP di yayasan Pondok Pesantren tersebut yang dimuat oleh 4 media dari wartawan yang bersangkutan, namun pemberitaan yang ditulis dianggap merugikan pihak pesantren.

Sehingga ratusan wali santri dan juga wali murid serta simpatisan, sempat mendatangi rumah salah satu wartawan untuk minta klarifikasi. Hal ini yang kemudian memicu adanya perselisihan sehingga situasi di lapangan tidak kondusif.

Baca Juga: Presiden Jokowi : Ajak seluruh Masyarakat untuk lakukan Vaksin Covid-19 Secara Lengkap dengan Booster

Mediasi yang dihadiri oleh 4 wartawan dan juga perwakilan wali santri dan pengurus Pesantren ini berlangsung di Lobi Kapolres Jember, dengan disaksikan oleh sejumlah wartawan.

Dari hasil pertemuan itu dicapai kesepakatan mereka saling menyadari telah terjadi kesalahpahaman, karena adanya miss komunikasi diantara mereka.

Sehingga mereka bersepakat membuat surat pernyataan secara tertulis serta ditandatangani bersama bahwa kesalah pahaman tersebut diselesaikan secara damai.

Baca Juga: Pastikan Evakuasi Korban Gempa Berjalan Baik, Presiden Kembali ke Cianjur

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menyatakan agar semua pihak memahami tugas masing-masing baik insan jurnalis maupun dari lembaga Pondok Pesantren itu sendiri.

“Teman-teman dari jurnalis tujuannya untuk melakukan kontrol terhadap program PIP, namun juga harus dihargai peraturan yang dibuat di lembaga pesantren itu sendiri,” ujar AKBP Hery.

Halaman:

Editor: Kuswanto Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Lebak 194 Tahun, Diwarnai Aksi Unjuk Rasa Kumala

Sabtu, 3 Desember 2022 | 16:45 WIB
X